Dispertan Kab. Bandung Imbau Masyarakat Potong Hewan Qurban di RPH

foto

foto: rri.co

RUMAH potong hewan Kabupaten Bandung siap menerima penitipan hewan qurban untuk dipotong.

SOREANG. KejakimpolNews.com -Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Bandung, Tisna Umaran, mengimbau, mssyarakat setempat yang akan berqurban, memotong hewan qurbannya di rumah. Di daerah ini terdapat tiga  Rumah Potong Hewan (RPH) milik pemerintah dan empat RPH swasta.

Menurut Tisna, di Kabupaten Bandung ada tiga RPH milik pemerintah dan dua milik swasta. Dengan memotong hewan qurban di RPH, kerja panitia qurban bakal mudah. “Apalagi di tengah kondisi pandemi covid 19, jumlah panitia qurban hanya 50%,” ujarnya kepada wartawan, di Soreang, Rabu (30-6-2021).

Tisna menyebutkan, di RPH hewan qurban dipotong utuh. Bahkan, katanya, kepala hewan diurus hingga jadi daging dan jeroannya pun bersih. “Jadi panitia tinggal mencincang dan memilah daging,” ucapnya.

Tisna pun mengungkapkan, biaya pemotongan per satu sapi di RPH im Rp650 ribu dalam waktu 30 menit. Tahun ini, Tisna menyebutkan, Pemkab Bandung menggratiskan biaya pemotongan hewan qurban di RPH, sehingga ada beban biaya yang harus ditanggung pemerintah, karena antusias masyarakat cukup tinggi.

“Kita mengimbau para pedagang dan pembeli untuk sama-sama disiplin menerapkan protokol kesehatan,” harapnya. Pihaknya mengimbau pula masyarakat membeli sapi yang ditimbang badan, jangan per ekor. “Konsumen membeli sapi yang ditimbang badan, jangan ekor, karena kalau beli per kilogram hidup itu standarnya sudah jelas,”pungkasnya.**

Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Digagas 9 Mahasiswa IPB Budikdamsel, Cara Jitu Rubah Selokan Jadi Kolam Ikan
Sahrul Gunawan Berharap Jemaah Calon Haji dan Umroh yang Tertunda Bersabar
Mulai Rabu Hari ini Penumpang KRL Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin
Sejumlah Orang Tinggal di Dalam Gorong-Gorong, Apa Kata Oded...?
Calon Pengantin Wajib Konseling Cegah HIV/AIDS