Waduuuhhh...! 46 Orang Warga Garut Menjadi Korban Gigitan Anjing

foto

SEEKOR anjing tengah diberi vaksin raibes untuk mencegah penularan kepada manusia jika menggigit,

GARUT, KejakimpolNews.com.- Selama delapan bulan terakhir, Januari-Agustus 2021, sebanyak 46 orang warga Kabupaten Garut jadi korban gigitan hewan penular rabies yang didominasi oleh gigitan anjing.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut, drh Agustina menyebut, untuk tahun ini pihaknya sudah melakukan vaksinasi rabies sekira 700 dosis terhadap hewan anjing dan kucing.

"Kasus gigitan ada 46 kasus terbanyak kasus gigitan oleh anjing, (dengan) pelaksanaan vaksinasi rabies di Kabupaten Garut sebanyak 700 dosis," kata Agustin di sela-sela acara sosialisasi bahaya rabies, di Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut, Rabu (29/9/2021).

Selain sosialisasi, Diskanak Garut juga menggelar vaksinasi serta konsultasi kesehatan hewan, dipusatkan di Alun-Alun Limbangan. Dalam kegiatan vaksinasi ini pihak Diskanak Garut menyiapkan 50 dosis vaksin rabies.

Agustina mengimbau masyarakat yang memiliki hewan penular rabies (HPR) seperti anjing dan kucing, untuk senantiasa memberikan vaksin rabies terhadap hewan peliharaannya rutin setiap tahun.

"Masyarakat khususnya pemilik HPR dapat memelihara hewannya dengan baik, serta rutin memberikan vaksin rabies setiap tahun dengan mengunjungi puskeswan terdekat," katanya.

Dalam sepekan ini, kata Agustina, pihaknya telah melakukan kegiatan dalam rangka peningkatan kesadaran masyarakat tentang bahaya rabies dengan sasaran anak sekolah dasar seperti halnya di SDN 2 Wanamekar, Kecamatan Wanaraja pada Selasa (28/9/2021).

"Rencananya, Kamis (30/9/2021) besok, kami akan kembali melanjutkan kegiatan sosialisasi dan vaksinasi rabies di Pamidangan Domba Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut," pungkasnya.**

Editor: Dede Suryana

Bagikan melalui
Berita Lainnya
40 Anggota Kopassus Korem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon Silaturahmi ke Kodim Kuningan
Di Tengan Pandemi C-19 Semangat Pemuda Selalu Berkobar
Bu RW, "Biarkan Anak-Anak Bermain Hujan-Hujanan Sampai Puas..."
Anis Mata dan Fahri Hamzah "Gelorakan Tanam 10 Juta Pohon" di Cibiruwetan
Alumni SMAN se Bandung "Jiwalumaju" Siap Bagi-Bagi Sembako Kanyaah