Penyebab Kecelakaan di Tol di Antaranya karena "Micro Sleep", Apakah Itu?

foto

Foto: Istimewa

SALAH satu jalan tol di Indonesia.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Banyaknya terjadi kecelakaan di jalan tol, dari mulai menabrak kendaraan di depannya, menabrak median jalan atau bahu jalan, slip dan kecelakaan lainnya, itu lebih dikarenakan karena human errorYa faktor manusianya, misalnya karena ceroboh dalam memacu kendaraan atau karena faktor micro sleep.

Denny Framaja,SH.M.H., salah seorang pakar jalan raya dan salah satu pejabat di Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat mengatakan, memang salah satu penyebab di antara kecelakaan itu adalah karena micro sleep.

Apa itu micro sleep? "Micro sleep adalah tidur sesaat, dan itu bisa terjadi pada siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Jika itu terjadi pada saat mengemudi maka hal tersebut akan sangat berbahaya," kata Denny dalam keterangannya Jumat (5/11/2021).

Dia mencontohkan, saat seseorang sedang mengemudikan kendaraannya di jalan tol pada kecepatan 100 km/jam, maka pada saat kita tertidur sedetik saja maka kendaraan kita akan berjalan tanpa kendali sejauh 28 meter.

Masih kata Deny, pada jarak 28 meter tersebut banyak hal yang terjadi di antaranya seperti, saat tertidur tangan kita bisa turun ke bawah, artinya menarik setir ke kanan dan roda kendaraan berubah arah ke kanan: Jarak mobil dgn MCB (pagar pengaman jalan) paling banyak hanya 3 meter, artinya risiko kendaraan menghantam MCB sangatlah tinggi.

Micro sleep lanjutnya, bisa terjadi karena faktor lelah, juga karena faktor jenuh sebagai dampak dari perjalanan panjang dan monoton. Bisa juga karena pengaruh minum obat dan masih banyak lagi faktor lainnya yang dapat memengaruhi kinerja fisik dan psikis manusia.

"Oleh sebab itu, ketidakbugaran tubuh ini sangat berbahaya, dan bisa menurunkan kewaspadaan kita akan sekitar. Dan bisa juga menurunkan reflek dan reaksi kita. Oleh asbeb itu, tidur sesaat atau micro sleep itu dapat berujung kecelakaan fatal karena mobil sedang dalam kecepatan tinggi," kata Denny.

Oleh karena itu Denny mengingatikan, "Waspada pada saat berkendara di jalan tol, jaga kebugaran tubuh, seringlah mengajak ngobrol pengemudi. Jika merasa lelah atau jenuh segera menepi mencari rest area, istirahatlah yang cukup,".**

Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Surabi Kinca Suji, Si Manis dari Kota Kembang
Nikmati Takjil Hingga Parsel dengan Aman Lewat Cek KLIK, Simak Keterangannya!
Es Cendol Elizabeth: Rasa yang tak Pernah Berubah, Legakan Dahaga Sejak 1972