Saat Pembagian BLT DD

Ketika Aiptu Mardiana Bhabinkamtibmas Desa Cileunyikulon Gendong Pria Renta KPM

foto

Yayan Sofyan

Bhabinkamtibmas Desa Cileunyikulon, Aiptu Mardiana saat "ngakod" pria tua penerima BLT DD di Desa Cileunyikulon, Kec. Cileunyi, Kamis (22/9/2022)

CILEUNYI, KejakimpolNews.com - Ada pemandangan yang terekam saat pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari anggaran Dana Desa (DD) di  Desa Cileunyikulon,  Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang patut diapresiasi.

Betapa tidak, saat pembagian BLT DD di aula lantai 2 desa tersebut, Kamis (22/7/2022) pagi, terekam sosok Bhabinkamtibmas Desa Cileunyikulon, Aiptu Mardiana tengah ngakod atau menggendong seorang pria tua renta di tangga salah seorang KPM yang baru saja mencairkan jatah BLT DD.

Salah seorang KPM yang digendong Mardiana ini tampak telah lama terserang struk ringan dan jalan pun dibantu dua tongkat. Ternyata, saat pria tua ini mau dan usai mengambil BLT DD di lantai 2 dengan menaiki tangga terlihat oleh Mardiana yang kebetulan saat itu turut memantau, sekaligus pengamanan pembagian BLT DD.

Mardiana segera menghampiri pria tersebut dan langsung "diakod" menaiki tangga untuk menuju lantai 2. Begitu pula usai menerima BLT DD, pria tersebut diakod kembali menuju lantai 1 untuk pulang.

"Ya, itu spontanitas saya saja untuk segera menolong pria tua tersebut. Pasalnya, dengan kondisi jalan tak normal meski dibantu 2 tongkat naik ke tangga cukup riskan sehingga saya pun menggendongnya," kata Mardiana anggota Polsek Cileunyi yang ditugaskan jadi Bhabinkamtibmas Desa Cileunyikulon kepada KejakimpolNews.com.

Meski saat menggendong pria tua tersebut, Mardiana terlihat kepayahan, namun tetap dijalaninya. Selaku Bhabinkamtibmas, setiap saat harus tetap hadir jadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

"Ini sudah jadi tugas saya saat berada di tengah-tengah masyarakat, apa adanya bukan ada apanya,"tandas Mardiana.

Kepedulian Mardiana yang menolong pria tua di pembagian BLT DD tersebut, sejumlah warga dan sejumlah tokoh masyarakat yang melihat pemandangan ini pun melontarkan apresiasi. Termasuk, apresiasi dilontarkan oleh Kades Cileunyikulon A. Mulyadi dan Sekdes Cileunyikulon Asep Jamil dan pengurus BPD.

"Ya, kami dari Pemdes Cileunyikulon mengapresiasi langkah Bhabinkamtibmas tersebut yang hadir dan peduli untuk penolong KPM yang akan mengambil BLT DD. Ini demi kelancaran, keamanan dan kenyamanan saat proses pencairan BLT DD,"kata A. Mulyadi.

Menurut Asep Jamil, Sekdes Cileunyikulon, sebenarnya dalam pembagian BLT DD di Desa Cileunyikulon pihak desa, puskesos dan pendamping kerap jemput bola ke KPM penerima BLT DD yang tergolong tua renta atau sakit ke rumahnya.

"Pria tua yang jalannya dibantu pakai 2 tongkat dan ditolong Bhabinkamtibmas sebenarnya mau di jemput bola oleh perangkat desa ke rumahnya. Namun pria tua, salah seorang KPM penerima BLT DD tersebut tidak mau dan keukeuh datang ke desa," terang Asep Jamil.

Menurut Asep Jamil, kegiatan pembagian BLT DD kali ini untuk triwulan 3 (bulan Juli, Agustus dan September). "BLT DD Desa Cileunnyikulon bagi 166 KPM tahun anggaran 2022, Rp 300.000/bulan/KPM. Alhamdulillah lancar dan aman," pungkas Asep Jamil.**

Editor : Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Ketika Polisi Wanita Harus Berbagi Tugas, Melayani Masyarakat dan Juga Suami
Usai Gugat Cerai Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta pun Bernyanyi, "Pergilah Kasih...Kejarlah Selingkuhanmu..."
Irjen.Pol. Ferdy Sambo, Perjalanan Karir Cemerlang Sang Bintang Berakhir Mengenaskan
Ferdy Sambo Bukan Anggota Polri Lagi, Pemecatan Resminya Tengah Diproses
Kapolsek Ini Rela Memijat Kaki Mahasiswa Yang Terkilir Saat Unjuk Rasa