Bacawabup Sumedang Disebut Umurnya Kurang dari 25 Tahun, Fajar: Melanggar Putusan MK Atuh

foto

Yayan Sofyan

Bacawabup Sumedang, Fajar Ardila

JATINANGOR, KejakimpolNews.com - Fajar Ardila, bakal calon wakil bupati (bacawabup) pendamping bakal calon bupati (bacabup) Sumedang, Dony Ahmad Munir pada pilkada serentak 27 November 2024 mendatang tersenyum jika dirinya jadi bacawabup Sumedang umurnya kurang dari 25 tahun.

"Wah, jika benar umur saya kurang dari 25 tahun telah melanggar Undang-Undang Pilkada serentak 2024 yang telah diputuskan Mahkamah Konstitusi (MK)," kata Fajar kepada KejakimpolNews.com saat hadir pada acara wisuda Ma'seom University di Jalan Raya Bandung-Garut, Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Sabtu (14/9/2024).

Diketahui, aturan batas usia minimal calon kepala daerah ini menjadi polemik menjelang pendaftaran Pilkada 2024 menyusul putusan MK undang-undang pilkada.

Dalam putusan itu, MK menyebutkan batas usia 30 tahun untuk calon gubernur dan wakil gubernur serta 25 tahun untuk calon bupati/wakil bupati atau colon wali kota/wakil wali kota.

Terkait umur Fajar bacawabup kurang dari 25 tersebut, dilontarkan Dony, Bupati Sumedang periode 2018-2023 saat berorasi ilmiah di kegiatan wisuda 216 lulusan Ma'soem University di dome Yayasan Al Ma'soem.

"Bapak - ibu dan adik-adik para lulusan Ma'seom Univesity, saya datang ke Al Ma'seom berorasi ilmiah ini didampingi Fajar Ardila, bacawabup Sumedang. Beliau dari kalangan milenial, selain muda, energik, berwawasan dan ganteng, masih lajang lagi. Bahkan usianya kini rupanya kurang dari 25 tahun. Beliau juga memahami betul Sumedang," kata Dony yang politisi PPP ini sambil tersenyum.

Sejumlah undangan yang hadir pun mengakui jika sosok Fajar ini, selain ganteng dan dari kalangan milenial, juga memperkirakan usianya Fajar kurang dari 30 tahun.

Fajar pun yang diusung/dicalonkan PAN dan  saat itu memakai kacamata hitam ketika kembali dikonfirmasi meminta menebak berapa kira-kira umurnya. Salah seorang wartawan menebak jika umur Fajar 32 tahun.

"Betul, umur saya yang jadi bacawabup Sumedang mendampingi Pak Dony sekarang 32 tahun dan masih bujangan. Dukung dan doakan paslon Dony-Fajar menang di Pilkada Sumedang," tutur Fajar yang mengaku untuk meraih suara, kalangan milenial jadi bidikannya

Dony pun ketika dikonfirmasi terkait lontaran saat orasi ilmiah di Dome Yayasan Al Ma'soem jika umur Fajar kurang dari 25 tahun hanya candaan saja.

"Lontaran jika Fajar yang jadi bacawabup pendamping saya umurnya kurang dari 25 tahun hanya candaan saja mengingat sosoknya dari kalangan milenial. Saya juga baru berumur 27 tahun," tutur Doni sambil kembali tersenyum dan masuk ke mobil meninggalkan Al Ma'soem.

Diketahui, jelang pilkada, 4 paslon telah mendaftar ke KPU Sumefang. Keempat paslon tersebut

1. Dony Ahmad Munir-Fajar Aldila
diusung enam parpol yakni PPP, PAN, Gerindra, PKB, Demokrat, dan Gelora.

2. Hendrik Kurniawan-Luky Djohara Soemawilaga. Mereka maju di Pilbup Sumedang lewat jalur perseorangan atau independen.

3. Irwansyah Putra-Mustikaningrat. Paslon ini diusung oleh PDIP, Nasdem, Hanura, Perindo, Prima, Buruh, PBB, Garuda, dan PKN.

4. Eni Sumarni-Ridwan Solochim. Paslon ini diusung oleh partai Golkar, PKS, PSI, dan partai Umat.**

Author: Yayan Sofyan
Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Kembali Banggakan Kota Bandung, Vic Fadlin Raih Gelar Runner Up Mister Universe 2024
Curhat ke Paus, Rieke "Oneng" Pertanyakan Terdakwa Korupsi Rp300 T Hanya Divonis 3 Tahun dan Denda Rp5 Ribu
Tugas Selaku Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin Diperpanjang
2 Politisi Kakak Beradik dari Partai Golkar Dilantik Jadi Anggota DPRD
Anies Baswedan-Ono Surono Calon Gubernur/Wakil Gubernur Jabar? PDIP Siap Bikin Kejutan