Madrasah Unggulan Bidang Iptek Berdiri di Sumedang, Penerimaan Siswa Baru Juni 2024

foto

Foto: Kemenag RI

Direktur KSKK Madrasah M. Sidik Sisdianto.

JAKARTA, KejakimpolNews.com - Kabupaten Sumedang di Jawa Barat tak lama lagi bakal memiliki Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC).

MAN Insan Cendekia adalah salah satu madrasah unggulan bidang sains dan teknologi binaan Kementerian Agama (Kemenag). Saat ini, sudah ada 24 MAN IC, yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.

Khusus di Sumedang, Kementerian Agama saat ini tengah merumuskan sejumlah langkah akselerasi, agar cita-cita ini bisa segera terwujud di 2024.

Madrasah ini menyiapkan lulusan yang selain memiliki keimanan dan ketakwaan (imtak), juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Kurikulum yang digunakan merupakan integrasi dari kurikulum Kemendikbudristek, Kemenag, pesantren, dan saintek.

"Kami telah siapkan langkah-langkah strategis percepatan pendidikan MAN IC Sumedang Jawa Barat tahun 2024," ujar Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M. Sidik Sisdianto, di Jakarta.

Menurut Sidik, Direktorat KSKK Madrasah telah menggelar rapat koordinasi dengan Direktorat GTK Madrasah dan Kanwil Kemenag Jawa Barat pada Januari 2024. Rapat membahas langkah strategis, agar MAN IC Sumedang bisa segera terwujud.

Dia menjelaskan, Kemenag telah melakukan survey kesiapan tiga lokasi kampus darurat sementara untuk penyelenggaraan MAN IC Sumedang Jabar di tahun pertama.

Tiga lokasi itu adalah Yayasan Nurul Budiman Majalengka, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) PUI Center, dan Balai Diklat Bandung. Hasil komunikasi awal, tempat yang representatif adalah Balai Diklat Bandung. "Rencana penggunaannya juga sudah disetujui oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag," ujar Sidik.

Pada pembukaan perdana, lanjut Sidik, madrasah ini akan menjadi filial MAN IC Serpong. Sebagai dasar, telah diterbitkan Keputusan Dirjen tentang MAN IC Serpong Filial pada Februari 2024.

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Khusus MAN IC Sumedang Jabar akan digelar dengan skema khusus. Penerimaan siswa baru ini rencananya dibuka Juni 2024.

Selain itu, juga mempersiapkan rekruitmen Guru dan Tendik MAN IC Sumedang Jabar pada Maret 2024, dan hasilnya diumumkan Mei 2024. Mereka yang terpilih akan ikut pelatihan dan orientasi, kata Sidik.

24 MAN Insan Cendekia binaan Kementerian Agama saat ini tersebar di berbagai provinsi antara lain Banten, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, dan Sumatera Selatan. Namun, di Jawa Barat belum ada.**

Editor : Omay Komar

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Bupati Bandung Sebut Peran Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Sangat Mulia
Guru Bahasa Daerah SMP se-Jabar Ikuti Program Peningkatan Kompetensi Revitalisasi Bahasa Daerah
Penjabat Gubernur Bey Machmudin Hadiri Rapat Pleno Majelis Wali Amanat ITB
Mendikbud Wajibkan SD Belajar Bahasa Inggris Menyusul Peraturan Pramuka dan Seragam Siswa
Sekda Kab. Bandung Ingatkan 540 Guru PPPK Profesional, Berkualitas dan Tak Bermental Cengeng