FKIP Uniku Gelar Orientasi Akademik untuk 203 Mahasiswa PPG Calon Guru

foto

Foto: Whyr

FKIP Uniku menggelar orientasi akademik bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Calon Guru (Prajab) gelombang 2 tahun 2024.

KUNINGAN, KejakimpolNews.com - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) menggelar kegiatan orientasi akademik bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Calon Guru (Prajab) gelombang 2 tahun 2024 di Gedung Student Center Iman Hidayat Uniku, Kamis 5 September 2024.

Hadir selain pembina, pengurus, dan pengawas Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan, dihadiri pula oleh Rektor Uniku, para Wakil Rektor, Dekan FKIP, para Wakil Dekan FKIP, panitia, serta mahasiswa PPG FKIP Uniku.

Dekan FKIP Uniku, Asep Jejen Jaelani, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan orientasi ini merupakan langkah awal yang penting bagi para mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebagai calon guru profesional yang kompeten.

“Kami berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka, sehingga siap menjadi guru yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan,” ujar Jejen.

Kegiatan orientasi ini diikuti oleh 203 mahasiswa PPG calon guru yang terbagi dalam tiga bidang studi, yakni bidang studi Bahasa Indonesia, bidang studi Bahasa Inggris, dan bidang studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Orientasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman awal terkait program PPG, termasuk struktur kurikulum, metodologi pembelajaran, serta berbagai persiapan yang harus dilakukan selama mengikuti program.

“Guru tidak hanya dituntut untuk menguasai materi ajar, tetapi juga harus mampu menjadi teladan yang baik bagi siswa,” katanya.

“Alhamdulillah tahun ini kami sudah lengkap sebagai penyelenggara PPG. Kami alhamdulillah dipercaya oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristekdikti untuk menyelenggarakan PPG bagi Guru Tertentu (Daljab) dan PPG bagi Calon Guru (Prajab)," tambah Jejen.

Oleh karena itu, tambah Jejen, pada kesempatan yang berbahagia ini, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dirjen GTK dan Direktorat PPG Kemendikbudristekdikti atas kepercayaannya kepadanya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan terima kasih dan rasa hormat kepada segenap pembina, pengurus, dan pengawas Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan atas dukungannya kepadanyaami dalam penyelenggaran PPG.

"Tak lupa kepada pak Rektor atas support, motivasi, dan bimbingan kepada kami, para wakil rektor atas segala dukungannya, serta seluruh panitia PPG FKIP Uniku atas kerja keras dalam penyelenggaraan PPG ini,” ujar Jejen.

Rektor Uniku, Prof, Dr. H. Dikdik Harjadi, S.E.,M.Si., dalam kata sambutannya juga menyampaikan ucapan selamat bergabung di kampus kebanggaan masyarakat Kuningan.

Dikatakan, bahwa profesi guru adalah profesi mulia dan dilindungi undang-undang. “Ada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Undang-Undang Guru dan Dosen. Sehingga berbahagialah para mahasiswa yang memilih profesi guru,”ujar Dikdik.**

Author: Whyr
Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Bey Machmudin Apresiasi SMKN 1 Cibadak Teaching Factory untuk Link and Match Terus Berjalan
Bey Machmudin Nostalgia di Kampus Unpar Ajak Ikatan Alumni Bangun Jabar
Sanlat Sekdes se-Kab. Bandung, Kang DS: Spiritual, Moral, dan Intelektual Fondasi Aparat Desa
Uniku Jalin Kerjasama Dengan Afebsi Perkuat Tridharma Perguruan Tinggi
Nesya Azalia Yasinta Raih Juara Pidato Bahasa Sunda