Rumah Mobil dan Lahan Kosong Dialap Api

Sehari Terjadi Empat Kali Kebakaran di Beberapa Tempat di Kota Bandung

foto

Asep Rachmat Hidayat

Petugas Diskar PB Kota Bandung berjibaku memadamkan api di Jalan Kaum Kaler Kota Bandung.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Dalam waktu hampir bersamaan telah terjadi empat kali kebakaran di Kota Bandung, mengakibat lima unit rumah, satu unit Mercedes Benz dan Alang Alang di lahan kosong hangut dilahap api, Senin (19/8/2024).

Kejadian pertama, menimpa empat unit rumah di Jalan Kaum Kaler RT.05/RW.04. Kelurahan Cigending. Kecamatan Ujungberung. Kota Bandung. Jawa Barat, tak jauih dari Puskesmas Ujungberung di Kompleks Ujungberung Indah.

Keempat unit rumah tersebut masing-masing milik Ny. Lala, Doni, Dodo, Komar dan Ny. Iis.

Saksi mata mengatakan, api berasal dari rumah Dodo yang saat itu keadaan kosong, api diketahui tiba tiba sudah membesar.

Warga di kawasan padat penduduk itu langsung berdatangan melakukan pertolongan memadamkan api dengan alat seadanya, mengingat keadaan angin kencang api dengan cepat langsung membesar merembet ke bangunan lain.

Karena khawatir Ny. Riska langsung melapor ke Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung melalui Emergency Call. 022-113.

Kepala UPT Wilayah Timur, Fredy mengatakan, setelah laporan diterima pada pukul.13.18 WIB berselang satu menit kemudian langsung meluncur ke tempat kejadian perkara (TKP) bersama anak buahnya, dengan Response Time 8 menit sudah tiba di lokasi kebakaran.

"Penanganan dimulai pukul13:27 WIB dan tak lama kemudian datang bantuan dari Mako Pusat, mereka berjibaku memadamkan api serta melakukan penyekatan agar api tidak terus menjalar kemana mana," ujar Fredy.

Kabid Pemadaman Diskar PB Kota Bandung, Yusuf Hidayat di lokasi kebakaran mengatakan, petugas melakukan pemadaman dengan 4 titik pancaran untuk menghambat perambatan, hanya dalam tempo 1 jam 43 menit tepatnya pukul 15:10 WIB api berhasil dijinakkan dan diteruskan dengan pendinginan untuk memastikan bahwa titik api benar benar sudah padam.

"Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, sedangkan objek terbakar hanya 4 unit rumah dengan mengerahkan 9 unit, yakni 3 unit Pancar Timur, 1 unit Pancar Mako Pusat, 3 unit Water Tanker, 1 unit Rescue dan 1 unit Komando," papar Yusuf Hidayat.

Kebakaran di Simpay Asih

Berselang 3 jam kebakaran juga terjadi tak jauh dari kebakaran di Kaum Kaler, kali ini rumah milik Asep di Kompelks Perumahan Simpay Asih RT.05. RW.05. Kelurahan Pasir Endah. Kecamatan Ujungberung. Kota Bandung, juga terbakar.

Saksi mata menyebutkan, api berasal dari kebakaran gubuk yang terletak di tengah lahan kosong.

Ny. Teti yang.melihat kejadian tersebut langsung melaporkan ke Diskar PB Kota Bandung.

Kasi Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung, Jhon Erwin mengatakan, setelah petugas datang ke lokasi kebakaran langsung memadamkan api dalam tempo 1 jam 1 menit tepatnya pukul. 17.30 WIB. Tim menurunkan 8 unit, yakni 2 unit Pancar Timur, 2 unit Pancar Mako Pusat, 2 unit Water Tanker dan 1 unit Rescue.

Mobil terbakar

Selanjutnya satu unit sedan mewaj Mercedes Benz terbakar di Viaduct Jalan Perintis Kemerdekaan. Kelurahan Babakan Ciamis. Kecamatan Sumur Bandung. Kota Bandung.

Deden sang sopir mengatakan, kebakaran tersebut tak diketahui penyebabnya, ketika akan membelok ke kiri tiba tiba mobil tersebut mengeluarkan asap dari kap depan.

Deden beserta 3 orang penumpangnya sempat panik dan pintu mobil sulit dibuka. Akhirnya pintu mobil tersebut berhasil dibuka oleh Deden dan ketiga orang penumpang itu berhamburan keluar.

Deden sempat mencoba memadamkan api dan berusaha membuka kap depan, namun tidak berhasil.

Ny. Vera salah seorang penumpang langsung melaporkan ke Diskar PB Kota Bandung. Berkat kepiawaian petugas Diskar PB Kota Bandung, akhirnya kobaran api berhasil dipadamkan.

Kebakaran lahan kosong

Kebakaran keempat menimpa lahan kosong milik David di Jalan Caringin RT.02/RW. 06. Kelurahan Babakan Ciparay. Kecamatan Babakan Ciparay. Kota Bandung.

Kepala UPT wilayah Selatan, Asep Mulyono mengatakan, laporan diterima pada pukul.13.50 WIB dari petugas Polsek Babakan Ciparay.

"Setelah laporan diterima segera meluncur ke TKP bersama anak buahnya, saat datang ke lokasi kebakaran memang api dalam keadaan membesar membakar sampah", ujar Asep Mulyono.

Asep menjelaskan, karena ditakutkan api terus merembet ke pemukiman warga, anggota peleton 1 dengan sigap bahu membahu memadamkan api dan akhirnya api berhasil dijinakkan.

Sedangkan kebakaran Alang Alang terjadi dilahan kosong di Jalan Reungas. Kelurahan Gempolsari. Kecamatan Bandung Kulon. Kota Bandung.

"Dalam kejadian kebakaran tumpukan sampah maupun Alang Alang tidak sempat merembet ke kawasan pemukiman warga," papar Asep Mulyono.**

AuthorL Asep Rachmat Hidayat
Editor: Asep Rachmat Hidayat

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Sejumlah Aparat Luka-Luka Saat Amankan Demo Tolak Revisi UU Pilkada di DPRD Jabar
Sekda Herman Suryatman: Forum FKD-MPU Jadi Kekuatan Besar Tingkatkan Perekonomian Nasiona
Mayat Perempuan Tergantung di Kusen Kamar Mandi, Dibunuh Atau Gantung Diri?
Tumpukan Asbes di Dekat Pertokoan Cicadas Bandung Terbakar Hebat Bikin Warga Panik
MUI Tidak Masalah Azan Magrib di TV Diubah dengan Running Text Saat Misa Akbar