Hajatan Meriah Digelar Peringati Hari Keluarga Nasuonal di Kota Bandung

  • Gaiskha
  • Minggu, 25 Agustus 2024 | 16:29 WIB
foto

Foto: Humas Pemkot Bandung.

Sambut Hari keluarga Nasional Pemkot Bandung adakan hajatan meriah.

BANDUNG, KejkaimpolNews.com - Memperingati Hari Keluarga Nasioal (Harganas), Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar gebyar Gerakan Bandung Zero New Stunting dengan tema Keluarga Hebat Untuk Kota Bandung Maju Berkelanjutan (Hajatan) di Balai Kota Bandung, Sabtu 24 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut digelar wahana edukasi keluarga seperti, Dapur Sehat Atasi Stunting (Dahsat), stand pelayanan publik dan ketahanan keluarga, Kampung Keluarga Bekualitas dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (Kie) kesehatan reproduksi.

Selain itu ada stand UMKM, aksi donor darah hingga pemeriksaan kesehatan gratis.

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, keluarga menjadi sebuah ketahanan yang wajib diberikan. Ini sejalan dengan tema tahun in yaitu Hajatan (Keluarga Hebat Untuk Kota Bandung Maju Berkelanjutan).

"Ini maknanya, jika membangun sebuah komitmen didasari ketahanan keluarga. Fenomena ketahanan keluarga parameter indiatornya itu IPM (Indeks Pembangunan Manusia) ada tiga parameter, indeks kesehatan, pendidikan dan daya beli," bebernya.

Ia mengungkapkan, soal stunting menjadi salah satu indikator angka harapan hidup. Pasalya, tahun 2045 merupakan masa Indonesia emas.

"Ini bonus demografi. Satu di antaranya permasalahan stunting. Di Kota Bandung tahun 2023, masih 16.3 persen, Desember 2024 ditargetkan 14 persen," ujarnya.

"Tidak boleh ada sama sekali itu stunting baru. Stunting lama itu kita jaga sampai bertahan, yang punya stunting kita treatment tidak mungkin oleh satu dinas saja, ini semuanya mesti bersama," imbuhnya.

Sebagai upaya, Pemkot Bandung telah menghadirkan e-penting sebagai pendataan yang terstruktur dengan baik mulai dari kewilayahan, posyandu hingga dinas terkait.

"Kita punya strategi, punya sistem informasi yang mudah manfaatkan untuk update data. Mulai Posyandu, RT, RW, lurah camat dengan memaksimalkan e-penting. Ini boleh diinput hanya manakala mendapatkan validasi dari puskesmas. Ini lebih terdata, by name by address," bebernya.

Bambang mengungkapkan, terdapat tiga pokok penting dalam menciptakan keluarga yang sejahtera, yaitu bagaimana bisa mewujudkan keluarga hebat untuk Bandung berkelanjutan.

"Kita upayakan untuk membangun keluarga yang mampu berbenah diri, motivasi kita membangun keluarga yang lebih baik," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan ingin mensosialisasikan soal Zero New Stunting di Kota Bandung.

"Kita berikan edukasi kepada warga soal pola asuh dan gizi. Berbicara indeks kebahagiaan, makannya ada kegiatan fun bike juga fun walk," tuturnya.

Selain itu, lanjut Kenny terdapat kegiatan lomba membuat menu yaitu Dapur Sehat Atasi Stunting. Setiap kewilayahan mengikuti lomba dan hasilnya akan dijadikan menu bergizi.

"Ini menghasilkan inovasi, dari lomba ini akan menghasilkan menu dan bisa diterapkan oleh semua keluarga di Kota Bandung," ungkapnya.**

Author: Gaiskha
Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
TP PKK Kota Bandung Masuk Nominasi Tiga Kategori Lomba PKK Jabar
Sudah Dilantik, Kiprah Legislator Dapil 3 Ditunggu Tangani PR Cileunyi "Masagi"
Catat! Inilah Daftar Hotel dengan Diskon 80% Saat Bandung Great Sale 2024
Grab dan Gojek Tawarkan Diskon dan Voucher Spesial Selama Bandung Great Sale 2024
Mantap! Inovasi dan Kader Posyandu Kota Bandung Raih Penghargaan dari Kemenkes