Empat Pohon Pelindung Bertumbangan Dalam Semalam di Kota Bandung

foto

Foto: Diskar PB Kota Bandung.

Satu di antara empat pohon pelindung di Kota Bandung yang tumbang tengah dibersihkan petugas Diskar PB Kota Bandung.

BANDUNG, KejakimpolNews.com - Empat pohon pelindung tumbang di empat lokasi di Kota Bandung, di antaranya di Jalan A.Yani depan Polsek Cibeunying Kidul setinggi 10 meter di Jalan Ahmad Yani tumbang pada Rabu 11 September 2024 subuh sekitar pukul 05.10 WIB pagi.

Pohon jenis mahoni yang usianya puluhan tahun setinggi 10 meter dan berdiameter 50 centimeter ini tumbang. Untungnya, saat timbang keadaan tengah sepi dan tak menimbulkan korban jiwa, hanya menyebabkan akses jalan terhalang.

Kepala Diskar PB Kota Bandung Gun Gun Sumaryana mengatakan Rabu (11/9/2024), begitu mendapat laporan slanjutnya pohon tersebut dibersihkan para petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) dan kini sudah bersih.

Tiga pohon tumbang lainnya tambah Gun Gun, terjadi di  Jalan Terusan Jakarta depan Domino's Pizza, di Jalan Kebon Jati dan di Jalan Soekarno Hatta depan McDonald's.

Tumbangnya pohon ini diduga penyebabnya karena beberapa hari ke belakang, cuaca ekstrem sedang menerpa beberapa wilayah Indonesia, tanpa terkecuali Kota Bandung. Intensitas hujan tinggi berdampak pada gejala kebencanaan seperti banjir atau pohon tumbang.

Kepala Diskar PB Kota Bandung inipun mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana yang terjadi. Juga mengingatkan para pengguna kendaraan bermotor untuk tetap waspada. Di antaranya menghindari parkir kendaraan atau berteduh di bawah pohon.

Sebab dengan mengetahui dan mewaspadai kondisi sekarang, jika terjadi pohon tumbang maka kendaraan atau orang tetap aman terhindar dari kecelakaan.

Ia juga mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan jika terjadi bencana ke nomor darurat Emergency Call 113.

"Kami mengimbau kepada warga yang membutuhkan bantuan jika ada bencana hubungi nomor darurat Emergency Call 113 atau menghubungi darurat emergency call Bandung Siaga 112, tanpa tidak dipungut biaya," pungkasnya.**

Author: Sonni Hadi

Editor: Sonni Hadi

Bagikan melalui
Berita Lainnya
PKS dan Nasdem Berkoalisi Usung Akhmad Syaikhu/Ilham Habibie untuk Cagub/Cawagub Jabar
Tak Kuat Menanjak Truk Pengangkut Tepung Terigu Terguling di Cikaledong Nagreg
8 Anggota Sindikat Jual Beli Bayi Diringkus Polisi, 2 Bayi akan Dijual ke Bali Diselamatkan
5 Kali Lawan PSM Hasilnya Jeblok Persib Masih Optimistis, Inilah Prediksi Susunan Pemain
Andi Mahasiswa Unibba Baleeendah Terancam Buta Matanya Kena Lemparan Batu Saat Demo di DPRD Jabar