Terindikasi Tak Netral di Pilkada, 4 Kades Diperiksa Bawaslu Kab. Bandung

foto

Foto: Bawaslu Kab.Bandung.

Bawaslu Kabupaten Bandung siap tangani ketidaknetralan aparat, termasuk ASN dalam Pilkada Serentak Kabupaten Bandung.

CILEUNYI, KejakimpolNews.com - Tarkait banyak dipertanyakannya peran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Pilkada di Kabupaten Bandung untuk mengawasi netralitas kades dan Aparat Sipil Negara (ASN), ternyata direspon.

Faktanya, 4 kades di Kabupaten Bandung, dua di antaranya dari wilayah timur terindikasi melakukan tindakan yang menguntungkan salah satu bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung diperiksa Bawaslu.

Selain itu, sejumlah ASN yang juga terindikasi "bermain mata", kini tengah dibidik Bawaslu untuk diperiksa sambil menunggu bukti-bukti kuat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung, Kahpiana ketika dikonfirmasi membenarkan ada empat kades di Kabupaten Bandung tersebut telah diperiksa dan meminta mengklarifikasi soal terkait adanya dugaan tersebut.

"Betul ada kabar empat kades diduga menguntungkan salah satu bacalon bupati dan bacalon wakil Bupati Bandung. Tapi subjek hukumnya belum jelas, karena masih bacalon, belum ditetapkan," kata Kahpiana kepada KejakimpolNews.com, Kamis (5/9/2024).

Menurut Kahpina, soal dugaan tersebut, pihaknya saat ini belum bisa melakukan tindakan lebih jauh, lantaran status peserta Pilkadanya masih bacalon.

"Setelah ditelusuri, kami klarifikasi, ini dalam bentuk pencegahan sifatnya. Belum dalam bentuk penanganan pelanggaran. Baru setelah ditetapkan pasangan calon pada 22 September mendatang jelas sudah ada pasal-pasalnya," terangnya.

Ditanya dugaan pelanggaran di Pilkada dari ASN Kahpiana mengatakan pihaknya sedang membidiknya karena memang sudah ada informasi dan laporan.

"Kami akan terus membidiknya dan tetap melakukan pengawasan. Jika masyarakat menemukan kades dan ASN tak netral pada pilkada Bandung dan menguntungkan salah satu pasangan calon lapor ke Panwas dan Bawaslu dengan jelas, buktinya ada, faktanya ada, dan bukti lainnya," tutupnya.**

Author: Yayan Sofyan
Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Pawai Kendaraan Hias HJKB 214: Catat Jadwal Rutenya dan Meriahkan!
Nikmati Diskon Hingga 80 Persen Untuk Fesyen dan Kuliner di Bandung
Kenapa Bandung? Cuaca Hingga Suasana yang Tak Tergantikan
Banjir Terjang Dayeuhkolot, Ratusan Rumah Terendam Para Bhabinkamtibmas Turun Tangan
Kemarau, Kabupaten Bandung Siaga Darurat Kekeringan dan Karhutla