Gelombang Tinggi dan Air Pasang Hancurkan Kios dan Rumah Warga di Pantai Rancabuaya Garut

foto

Foto : Istimewa

Pantai Ranca Buaya Kabupaten Garut duterjang gelombang tinggi dan pasang. Menghancurkan sejumlah kios dan rumah warga di pesisir Garut Sekatan.

GARUT, KejakimpolNews.com - Gelombang pasang mengantam Pantai Rancabuaya, Garut Selatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (12/3) siang dan malam.

Pantai wisata yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut ini, seperti dikemukakan saksi mata Asep Dedi Kusnadi, tiba-tiba lain dari biasanya air laut mendadak pasang dan ombak setinggi kira-kira empat meter menghantam pantai.

Air pasang ini melanda hingga jauh ke darat menyeret dan menerpa sejumlah tenda dan kios pedagang yang berada di pantai selatan Pulau Jawa itu. Sejumlah lapak pedagang, kios dan tenda porak poranda diterjang oleh gelombang pasang yang memang tidak terduga itu.

Warga penghuni pantai terutama para pedagang tak bisa berbuat banyak. Mereka hanya bisa menatap air laut yang mengamuk menghancurkan lapak mereka hingga porak poranda.

Asep menambahkan, tidak hanya gelombang pasang saja yang terjadi, angin kencang juga menerjang pesisir selatan Kabupaten Garut tersebut. Hingga membuat warga yang ada di pesisir Rancabuaya mencekam.

Kejadian alam inipun sempat direkam sejumlah warga dan videonya viral di media massa. Isinya menggambarkan betapa dahsyatnya gelombang pantai yang naik ke permukaan hingga merendam beberapa hunian yang berada tak jauh dari bibir pantai.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari BPBD Kabupaten Garut maupun Jabar tentang gejala alam tersebut. Begitu juga belum ada laporan resmi tentang kerugian yang dialami warga setempat.**

Author: Enjang Sb
Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Gempa Garut-Kab.Bandung, Bey Machmudin: Pelatihan Mitigasi Bencana Harus Makin Gencar
Berapa Honor Anggota KPPS pada Pilkada Serentak 2024?, Ini Besarannya
Bey Machmudin Tegaskan Pentingnya Sinergi dan Kebersamaan dalam Menghadapi "Fraud"
Ojol dan Opang Pasirimpun Berdamai Dimediasi Pemda dan Forkopimda, Inilah Poin-Poin Kesepakatan
Polrestabes Bandung Siap Tertibkan Modus Pak Ogah Memeras dengan Pura-Pura Terlindas Ban Mobil