2 TKW Asal Cileunyi Tersiksa di Dubai UEA dan Irak Unprosedural, Pemulangan Masih Proses?

foto

Foto : Istimewa

Lilis Ule dan Rosita yang terlantar di Dubai Uni Emirat Arab dan Irak masih juga belum bisa pulang.

CILEUNYI, KejakimpolNews.com - Terkait nasib dua tenaga kerja wanita (TKW) asal Cileunyi Kabupaten Bandung yang kini kian tersiksa di Dubai dan Irak serta ingin pulang ka tanah air, hingga 3 bulan masih belum ada progres menggembirakan.

Kedua TKW tersebut yakni Rosita (35) warga Kampung Cikoneng 3 RT.02/RW.03, Desa Cibiruwetan, Kecamatan Cileunyi dan Lilis Ule (44) warga Kampung Sindangwargi RT.02/RW.18, Desa Cileunyiwetan. Rosita tersika di Irak dan Lilis Ule terlantar di Irak.

Bahkan, Rosita kembali curhat melalui chats WhatApp (WA) kepada KejakimpolNews.com jika dirinya benar-benar ingin segera pulang ke tanah air.

"Bagaimana pak proses pemulangan saya dari Irak ke tanah air kapan?. Saya benar-benar tersiksa dan ingin segera pulang. Bisa saja saya kabur mendatangi KBRI tapi takut tambah masalah,"tulis Rosita yang bekerja sebagai asisten rumah tangga di Duhok, Irak dalam chatsnya, Rabu (14/8/2024).

Sementara itu, Yudistira, Tenaga Kerja Kesejahteraan Sosial (TKSK) Kecamatan Cileunyi yang sejak awal melakukan investigasi, asesment terhadap 2 TKW tersebut, serta memfasilitasi proses pemulangan mengatakan, progres pemulangan katanya dalam proses.

"Kita kemarin kembali mendatangi Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Jabar untuk menanyakan sejauhmana progres pemulangan TKW Rosita dan Lilis," kata Yudistira.

Menurut Yudistira, ketika didatangi, BP3MI Jabar mengatakan, jika pemulangan 2 TKW Rosita dan Lilis ke tanah air dalam proses serta telah ditangani BP3MI pusat serta Kementerian Luar Negeri.

"Pemulangan kedua TKW Rosita dan Lilis dalam proses sejauhmana? Kita tunggu bulan ini, apakah TKW Rosita dan Lilis bisa segera pulang," ungkap Yudistira.

Terkait keberadaan TKW Rosita dan Lilis, kata Yudistira, hasil investigasi dan data di lapangan, keduanya bekerja di luar negeri unprosedural yang perlu perhatian semua pihak.

"Keberadaan TKW Lilis warga Desa Cileunyiwetan kabur dari majikannya dan kini terlantar di Dubai menumpang di sesama warga Indonesia yang jadi TKW. Tapi titik koordinat dimana Lilis berada di Dubai sudah terlacak," terang Yudistira.

Sedangkan keberadaan Rosita sambung Yudistira, tidak sulit melacaknya di Duhok Irak. "Di Duhok Irak, Rosita bekerja jadi asisten rumah dan kantornya ada. Sekarang tinggal tunggu langkah pemerintah dan pihak terkait lainnya,"ungkap Yudistira.

Dikatakan Yudistira, soal nasib TKW Rosita dan Lilis, 3 bulan lalu pihaknya telah melaporkan lengkap ke Penyuluh Tenaga Kerja (PTK), Disnaker Kabupaten Bandung dan BP3MI.

"Laporan lengkap ditandatangani Camat Cileunyi, Cucu Endang. Kedua TKW Lilis dan Rosita tersebut, sangat layak dibantu kepulagannya ke tanah air, "tutup Yudistira**

Author: Yayan Sofyan
Editor: Yayan Sofyan

Bagikan melalui
Berita Lainnya
8 Anggota Sindikat Jual Beli Bayi Diringkus Polisi, 2 Bayi akan Dijual ke Bali Diselamatkan
Rumah Industri di Jalan Cipaganti 52 Ludes Diamuk Kobaran Api Siang Tadi
KPID Jabar Buka Lowongan Komisioner Periode 2024-2027, Tim Seleksi Terbentuk
Heboh, Bangunan Sekolah Al Ma'soem Dimangsa Api, Humas Ayi: Yang Terbakar Kios
Massa Jebol Gerbang DPR RI, Politisi Habiburrahman Dilempari dan Sejumlah Artis Hadir Dukung Demonstrans