Gempa Goyang Sukabumi Lewat Tengah Malam, Getarannya Terasa di Bogor hingga Garut

foto

Foto: BMKG

Gempa di Sukabumi Selatan,a pusat gempa bermagnitudo 5,2 berada di laut dengan kedalaman 25 kilometer arah barat daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (15/8/2024).

SUKABUMI, KejakimpolNews.com - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 5,2 menggoyang pesisir selatan Jawa, Kamis (15/8/2024) tengah malam pukul 00:55 WIB pusat gempa berada Kabupaten Sukabumi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa yang mengguncang hampir seliruh bagian selatan Jawa Barat ini terjadi akibat adanya aktivitas lempeng Eurasia.

"Gempa dangkal akibat adanya aktivitas penyesaran di lempeng Eurasia atau intraplate earthquake," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam siaran persnya.

BMKG juga menambahkan, pihaknya juga mendeteksi adanya satu aktivitas gempa bumi susulan yang berkekuatan M3,5 pada pukul 01.30 WIB.

Titik episentrum gempa terdeteksi berada di laut dengan koordinat 7,70° LS ; 106,08° BT, atau pada jarak 95 kilometer arah barat daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dengan berkedalaman 25 kilometer.

Getaran gempa Sukabumi ini dirasakan beberapa saat di Kabupaten Cianjur, Sukabumi, dan Kabupaten Bandung dengan skala intensitas III MMI. Kemudian, Kota Bogor dan Garut dengan skala intensitas II MMI.

"Berdasarkan hasil analisis menunjukkan rangkaian gempa bumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan geser dan tidak berpotensi tsunami," tukasnya.**

Author: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Rifiski Bocah 3 Tahun yang Tenggelam di Situ Cileunca, 24 Jam Baru Ditemukan Jasadnya
Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Pusat Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RSHS Bandung
Maulid Nabi itu Memang Bid'ah
Pemulangan 2 TKW Asal Cileunyi Tersiksa di Dubai dan Irak Mandek, Ini Respon TKSK
Pemda Provinsi Jabar Raih Wahana Tata Nugraha Wiratama 2024