Pemda Prov. Jabar Kirim 118 Pompa Air ke Kab.Kuningan Demi Bantu Petani Bukan untuk Pengurus

foto

Foto: Whyr

Bantuan pompa air dari Pemda Prov.Jabar untuk petani Kabupaten Kuningan diserahkan secara simbolik.

KUNINGAN, KejakimpolNews.com – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemda.Prov.Jabar) memberi bantuan pompa air untuk mengairi areal persawahan.

Bantuan disalurkan melalui Brigade Alsintan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat ebanyak 118 unit pompa air. Pompa ini diserahkan kepada 90 kelompok tani dalam mendukung perluasan areal tanam.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis di Aula Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kuningan, Kamis 19 September 2024.

Pj. Sekda Kuningan, Dr. A. Taufik Rohman dalam sambutannys mengatakan, bantuan ini merupakan dukungan pemerintah untuk meningkatkan produksi pertanian dampak dari perubahan iklim El-Nino sehingga menyebabkan terjadi musim kemarau yang panjang sehingga dikhawatirkan terjadinya krisis pangan.

Menurut Kepala Diskatan Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, pihak Kementerian Pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Kabupaten Kuningan dan Kodim 0615 sebelumnya telah mendistribusikan bantuan pompa sebanyak 432 unit.

“Dengan rincian 233 unit untuk kelompok tani, 34 unit untuk brigade aslintan dan 165 unit untuk Kodim 0615 Kuningan yang diperuntukan diberbagai kecamatan. Semua bantuan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan ketersediaan pangan”

Sementara itu Pj Sekda A Taufik mengingatkan, pemanfaatan sumber-sumber air, baik air permukaan maupun air tanah papar A.Taufik, harus dioptimalkan dengan bantuan pompa ini sehingga Kabupaten Kuningan tetap akan menjadi lumbung pangan dan berkontribusi terhadap ketahanan pangan di Indonesia.

"Bantuan hibah pompa air ini harus dimanfaatkan untuk kepentingan kelompok tani dan anggotanya, bukan untuk kepentingan pengurus kelompok tani," tegasnya.**

Author: Whyr
Editor: Maman Suparman

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Demo di DPRD Kuningan Ricuh, Kapolres Terkena Lemparan Botol dan Seorang Mahasiswa Terluka
KPU Kab. Kuningan Siapkan 25 Petugas Penerima Pendaftaran Paslon Bupati
Dokumen Persyaratan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Masih Belum Lengkap
Dua Paslon Yanuar-Udin dan Dian - Tuti Mendaftar ke KPU
Hari Jadi ke-526, Masyarakat Akur dan Makmur Ngawangun Kuningan