"UKW-BUMN Gate"

Hasil Audit Akuntan Independen, Tak Ada Penyimpangan di PWI Pusat

foto

Foto: Dewan Pers

Ketua Umum Pengurus Pusat PWI, Hendry Ch Bangun.

JAKARTA, KejakimpolNews.com - "UKW-BUMN Gate" yang sempat mengguncang dunia pers Indonesia, akhirnya terjawab setelah menghadirkan tim auditor akuntan independen.

Program pendidikan dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang disponsori oleh Forum Humas BUMN tersebut sempat heboh setelah sejumlah pihak menduga adanya penyimpangan pada program yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat ini. Dan, karena itu muncul kemudian istilah "UKW-BUMN Gate".

Dugaan adanya korupsi dana sponsorship BUMN kepada PWI untuk program pendidikan ini terjawab setelah Ketua Umum Pengurus Pusat PWI, Hendry Ch Bangun, mengumumkan hasil audit yang dilakukan oleh akuntan independen untuk periode 1 Desember 2023 hingga 30 April 2024, dengan nomor laporan 008/HT/LAI/VII/24.

Hasil audit, menurut Hendry, menunjukkan bahwa PWI Pusat telah sepenuhnya melaksanakan Surat Keputusan terkait tata cara pembagian insentif.

Dalam rapat pleno Pengurus Harian PWI di Gedung Pers Lantai IV, Jakarta, Selasa (23/07/2024), Hendry menyatakan, dari hasil audit tersebut tidak ditemukan penyimpangan yang material, dan signifikan atas laporan faktual penerimaan dan pengeluaran program UKW.

"Hasilnya, tidak ditemukan penyimpangan yang material, dan signifikan atas laporan faktual penerimaan dan pengeluaran program UKW," ujar Hendry dalam keterangan persnya.

Namun demikian, PWI Pusat diminta untuk meninjau kembali Surat Keputusan mengenai peruntukan cashback karena dianggap rancu dengan istilah gratifikasi.
"Selain itu, PWI Pusat disarankan mengimplementasikan SOP yang telah dibuat Pengurus," katanya.

Hendry menegaskan, tuduhan mengenai pelanggaran atau penyimpangan dalam pelaksanaan program UKW yang didanai oleh sponsorship dari Forum Humas BUMN adalah tidak benar. "Tuduhan tersebut sama sekali tidak benar," tegasnya.

Menurut mantan wartawan Kompas Jakarta itu, rapat pleno juga telah memberikan persetujuan bulat untuk mengesahkan laporan akuntan independen dari Kantor Akuntan Publik Haryo Tienmar. "Rapat pleno telah secara bulat memberikan persetujuan untuk mengesahkan laporan audit tersebut," kata Hendry.

Dengan hasil audit ini, PWI Pusat berharap dapat mengklarifikasi segala tuduhan yang tidak berdasar, dan memastikan bahwa program UKW berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Editor : Omay Komar

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Sehari Terjadi Empat Kali Kebakaran di Beberapa Tempat di Kota Bandung
Bey Machmudin Tinjau Bencana Puting Beliung di Bogor, Ingatkan Warga Waspada Hujan Ekstrem
Zero Emission Zone Akan Diterapkan di Kantor Perangkat Daerah Pemdaprov Jabar
Jabar-Shizuoka Bangun Monumen Sister Province di Gasibu Bandung
MK Siap Banding Atas Putusan PTUN tentang Pencopotan Jabatan Ketua MK Anwar Usman